-- --> Amalan Doa Dzikir wirid Mustajab Keistimewaan Bulan Syaban -->

Amalan Doa Dzikir wirid Mustajab Keistimewaan Bulan Syaban

Amalan Doa Dzikir wirid dan Keistimewaan Bulan Syaban - Memasuki bulan syaban kita sambut dengan suka cita karena sebentar lagi kita akan masuk ramadhan bulan penuh barokah dan dilipatgandakanya amal,untuk mengisi syaban supaya tambah berkah kita isi dengan berbagai kegiatan yang sangat berpaidah,yaitu kita tambah amalan wirid dzikir dan doa karena bulan syaban berbeda dengan bulan lainnya dimana menurut keterangan di pertengahan bulannya buku catatan amal tahunan kita di tutup,semoga khusnul khotimah .

Sahabat semua yang di rahamti allah kalau ibarat menanam tanaman, rajab adalah bulan kita menanam benih-benihnya, sya’ban kita menyirami dan memupuknya, sedang ramadhan kita memanen hasilnya. itulah keterkaitan tiga bulan tersebut. seperti  apa yang dikatakan oleh Imam abu bakar al warraq al balkhi. beliau juga berkata, perumpamaan rajab seperti angin, sya’ban seperti awan (mendung)nya dan ramadhan ibarat hujannya.

Bulan syaban sebagaimana kita ketahui merupakan bulan untuk menyirami dan memupuk amal yang telah kita tanam di bulan sebelumnya karena bulan syaban bulan yang istimewa sebagaimana tema artikel ini amalan doa syaban maka alangkah baiknya jika bulan syaban ini kita manpaatkan dengan lebih di isi dengan tambahan amaliah ibadah seperti memperbanyak amalan dzikir wirid dan tentunya kita mengkhotamkan al-quran.


Dalam artikel ini, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui menyangkut dengan bulan Sya’ban dan amaliah ibadah yang terdapat di dalamnya. secara singkat, kami mencoba untuk menyajikanya sebagai berikut :

Dinamakan dengan sya’ban dikarenakan dalam bulan itu terpancar bercabang-cabang kebaikan yang banyak bagi bulan ramadhan. rasulullah saw bersabda :

عن أنس قال  :قال رسول الله صلى الله عليه وسلم تدرون لم سمي شعبان شعبان لأنه يتشعب فيه لرمضان خير كثير

Artinya : Tahukah kalian mengapa bulan sya’ban dinamakan dengan sya’ban? karena dalam bulan sya’ban bercabang-cabang kebaikan yang banyak bagi bulan Ramadhan.

Imam al-Syafi’i mengatakan:

بلغنا أنه كان يقال إن الدعاء يستجاب في خمس ليال في ليلة الجمعة وليلة الأضحى وليلة الفطر وأول ليلة من رجب وليلة النصف من شعبان. 

Artinya : Telah sampai riwayat kepada kami bahwa dikatakan do`a dikabulkan pada lima malam, yaitu pada malam Jum`at, malam hari raya adha, malam hari raya fithri, awal malam bulan Rajab dan malam nishfu Sya`ban.

Berdasarkan keteranagan tadi bagi kita sebagai umat muslim tentunya harus memperbanyak amalan yang di lakukan baik dari mulai 1 syaban dan seterusnya di antaranya sebagai berikut.

Memperbanyak membaca istighfar:

اَسْتَغْفِرُ اللهَ وَاَتُوبُ اِلَيْهِ

Astaghfirullâha wa atûbu ilayh
Artinya : aku mohon ampun kepada allah dan bertaubat kepada-Nya.


  • Membaca tasbih berikut 100 kali:

    سُبْحَانَ اْلاِلَهِ الْجَلِيلِ، سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَنْبَغِي التَّسْبِيحُ إِلاَّ لَهُ، سُبْحَانَ اْلأَعَزِّ اْلاَكْرَمِ، سُبْحَانَ مَنْ لَبِسَ الْعِزَّ وَهُوَ لَهُ اَهْلٌ

    Subhânal ilâhil jalîl, subhâna man lâ yanbaghit tasbîhu illâ lahu, subhânal a’azzil akram, subhâna man labisal ‘izzi wa huwa lahu ahlun.





  • Artinya : mahasuci tuhan yang maha agung, mahasuci yang tak layak bertasbih kecuali kepada-nya, mahasuci yang maha agung dan maha mulia, mahasuci yang menyandang keagungan dan hanya dia yang layak memilikinya.

    Banyak membaca:

    يَا ذَا الْجَلالِ وَاْلاِكْرَامِ، يَا ذَا النَّعْمَاءِ وَالْجُودِ، يَا ذَا الْمَنِّ وَالطَّوْلِ، حَرِّمْ شَيْبَتِي عَلَى النَّارِ


    Yâ Dzal jalâli wal-ikrâm, yâ Dzan na’mâi wal-jûd, yâ Dzal manni wath-thawl, harrim syaibatî `alan nâri.

    Artinya : Wahai yang maha agung dan maha mulia, wahai pemilik kenikmatan dan kedermawanan, wahai Pemilik anugerah dan karunia, selamatkan putihnya rambutku dari api neraka.

    KEISTIMEWAAN BULAN SYA’BAN

    Salah satu keistimewaan bulan sya’ban adalah adanya malam nishfu sya’ban yang merupakan malam termulia setelah malam lailatul-qadar. sebagian ulama mengatakan bahwa kemulian bulan rajab terletak pada 10 awalnya, bulan sya’ban terletak pada 10 yang kedua dan bulan ramadhan terletak pada 10 yang terakhir.malam nishfu sya’ban dapat dikategorikan sebagai salah satu malam yang baik untuk beribadat dan berdoa dikarenakan keumuman dalil dimana setiap malam ada satu saat yang mustajabah doa.

    Rasulullah SAW bersabda :

    عَنْ جَابِرٍ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ
    Artinya : dari jabir, beliau berkata : saya mendengar rasulullah saw berkata bahwa dalam setiap malam terdapat satu waktu yang tidak ada hamba muslim berbetulan dengan nya dimana ia meminta kebaikan kepada Allah swt melainkan Allah swt mengabulkan permintaannya, dan hal tersebut pada setiap malam. (HR. Imam Muslim)

    Demikian yang dapat kami sajikan mohon maaf apabila ada kesalahan dan mari kita sama sama berdoa kepada allah swt semoga segala amaliah ibadah dan rutinitas kita lainnya selalu mendapat ridho dan barokah,Aamiin.

    Featured Post

    Doa Mustajab Agar Anak Soleh dan Sholehah Lengkap Dari Orang Tua

    Doa Agar Anak Soleh dan Sholehah Lengkap - Doa adalah ucapan yang sangat bermakna,terlebih ucapan orang tua yang keluar dari mulut dalam pe...