-- --> Tata Cara Mandi Wajib Lengkap Dengan Bacaan Niat dan Doanya -->

Tata Cara Mandi Wajib Lengkap Dengan Bacaan Niat dan Doanya

Tata Cara Mandi Wajib  Lengkap Dengan  Bacaan Niat dan  Doanya - Sahabat semua yang di rahmati allah dalam ajaran agama islam setiap pekerjaan yang di anjurkan ada aturan-aturan yang perlu kita perhatikan dan mungkin pula harus dikerjakan sepertihalnya ketika kita punya hadast besar ada ketentuan yang wajib dilaksanakan yaitu mandi besar dan ini tergolong mandi wajib.

Ada beberapa hal yang memungkinkan harus mandi wajib diantaranya ketika kita masuk akil baligh dan  mimpi basah,berhubungan suami istri, nifas, dan yang lainnya untuk itu, wajib hukumnya seseorang yang memiliki hadast besar untuk melakukan mandi wajib.

Dalam melaksanakan ibadah kita harus benar benar bersih dari hadast besar karena bagi yang mempunyai hadas besar dilarang untuk melakukan shalat, berpuasa, membaca al-quran,masuk kedalam mesjid dan sebagainya.hal ini sudah  menjadi hukum yang tidak bisa ditawar lagi maka untuk itu berhati hatilah ketika kita punya hadast besar,nah biar saat melaksanakan mandi wajib kita sudah paham di bawah ini kami sajikan tata cara mandi wajib juga di lengkapi dengan bacaan niat dan doanya yang kami tulis dengan bacaan arab dan juga latin.



Sahabat semua biar bahasannya tidak terlalu panjang dari pokok inti bahasan ini bisa di simak sampai tuntas di bawah ini berikut ulasannya selamat menyimak.

Tata Cara Mandi Wajib

Niat Mandi Wajib
Niat mandi wajib dapat dibaca secara lisan atau dalam hati baik dengan menggunakan bahasa arabnya, atau jika tidak hafal gunakan bahasa Indonesia saja, tapi lain kali niat mandi wajib dengan bahasa Arabnya agar sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam.

Membersihkan kedua telapak tangan
Siram atau basulah tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya, basulah atau siram tangan kanan dengan tangan kiri. Diulangi sampai 3 kali.

C. Mencuci Kemaluan
Mencuci dan membersihkan dari manis dan juga kotoran yang terdapat di sekitarnya dengan menggunakan tangan.

D. Berwudhu
Setelah membersihkan kemaluan, saatnya berwudhu sebagaimana wudhu ketika kita hendak shalat.

E. Membasuh Rambut dan Menyela Pangkal Kepala
Cara membasuh rambut dan menyelea panggal kepala adalah dengan memasukkan kedua tangan ke air, kemudian dengan menggosokkan rambut sampai kulit kepala dengan menggunakan jari-jari tangan. Kemudian siram kepala secara 3x.

F. Menyiram dan Membersihkan Seluruh Anggota Tubuh
Pastikan seluruh anggota tubuh tersiram air dan bersihkan, baik pada bagian-bagian yang tersembunyi atau lipatan seperti ketiak, dibawah kemaluan, badan bagian belakang, dan juga pada sel-sela jari kaki.

Bacaan Niat dan Doa Mandi Wajib

NAWAITULGHUSLA  LIFRAFIL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAHI TA'AALA.

Artinya: Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadast besar fardhu karena Allah ta'aala.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan tentang tatacara dan niat doa mandi wajib,silakan sahabat sahabat  pelajari dan hafalkan. ini sangat penting sekali dan wajib diamalkan karena semua orang pasti akan melakukan mandi junub/wajib.somaga artikel tadi bermanpaat,mohon maaf bila ada kesalahan demikian dan terimakasih baca juga : # Bacaan Niat Puasa Sunnah Rajab

Featured Post

Bacaan Doa Akhir Tahun Arab latin dan Artinya Mudah dihapal

Bacaan Doa Akhir Tahun Arab latin dan Artinya - Doa akhir tahun hendaknya kita perhatikan karena menurut keterangan amal yang baik itu dia...