-- --> Amalan Doa Malam Rebo Wekasan Rabu Terakhir Bulan Safar Tahun 2019 -->

Amalan Doa Malam Rebo Wekasan Rabu Terakhir Bulan Safar Tahun 2019

Amalan Doa Malam Rebo Wekasan Rabu Terakhir Bulan Safar - Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, alhamdulillah pada kesempatan yang berbahagia ini admin bisa berbagi pengalaman dan semoga menjadi ilmu yang bermanpaat baik bagi admin dan juga untuk sahabat pembaca setia,amiin. bertepan dengan tahun ini 2019 dimana pada pekan nanti merupakan hari rabu terakhir bulan shafar 1440 H atau lazim disebut rabu wekasan. pada hari itu, umat islam perlu melaksanakan amalan-amalan kebaikan seperti berdoa, bersedekah, ataupun shalat sunnah untuk meminta keselamatan kepada Allah SWT.sebagai mana keterangan bahwa Allah akan menurunkan 320.000 musibah setiap tahun dalam hari rabu wekasan. karenanya, para ulama selalu mendekatkan diri (taqarrub) kepada Allah dengan meminta keselamatan kepada-Nya.

Dalam menjalankan amalan rabu wekasan,kita selamanya mengikuti ajaran yang di bawakan oleh para ulama dan guru guru kita di antara yang lazim dilakukan,adalah membaca doa rabu wekasan, melaksanakan shalat sunnah dan banyak sedekah.jangan sampai amalannya ngawur, harus berdasarkan tuntunan agama. semua amalan ini bertujuan untuk tolak bala.

Setiap rabu terakhir bulan shafar, sebagian besar kaum muslimin nusantara melakukan shalat sunnah memohon kepada allah swt. agar dijauhkan dari berbagai malapetaka. pada pelaksanaan ibadah serta melaksanakan amalan serta doa rebo wekasan sebagaimana di kutip diawal tadi memang ada ketentuan ketentuan yang harus kita lakukan seperti melaksanakan  shalat sunnah mutlak dan ada juga yang membuat rajah rebo wekasan merupakan salah satu metode berwasilah kepada Allah SWT untuk dihindarkan dari berbagai jenis bala’ yang turun pada hari tersebut , salah satu wasilah do’a yang berupa tulisan yang tentunya semua atas izin dan kehendak Allah.




Untuk melaksanakan amalan di rebo wekasan agar tidak terlalu panjang bahasannya kita simak satu persatau apa saja yang sudah biasa di lakukan oleh para ulama dan guru guru kita diantaranya :

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Sayyidatuna Fathimah Ra. bahwa Nabi Saw. bersabda:

مَنْ صَلىَّ لَيْلَةَ اْلأَرْبِعَاءِ رَكْعَتَيْنِ يَقْرَاءُ فِى اْلأُوْلَى فَاتِحَةَ اْلكِتَابِ وَقُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ اْلفَلَقْ عَشْرَ مَرَّاتٍ وَفِى الثَّانِيَّةِ قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ عَشْرَ مَرَّاتٍ ثُمَّ إِذَا سَلَمَ أَسْتَغْفِرُ اللهَ عَشْرَمَرَّاتٍ ثُمَّ يُصَليِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَشْرَمَرَّاتٍ نَزَلَ مِنْ كُلِّ سَمَاءٍ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ يَكْتُبُوْنَ ثَوَابَهُ إِلَى يَوْمِ اْلقِيَامَةِ

Artinya: Barangsiapa yang berkenan mengerjakan shalat 2 rakaat di malam Rabu, pada rakaaat pertama membaca surat al-Fatihah dan al-Falaq 10 kali dan pada rakaat kedua membaca al-Fatihah dan an-Nas 10 kali, kemudian setelah salam membaca istighfar 10 kali dan shalawat 10 kali maka 70 malaikat turun dari langit yang bertugas mencatatkan pahalanya sampai hari kiamat.

1.Sholat Rebo Wekasan

Adalah shalat 4 rakaat yang dilaksanakan pada rabu terakhir bulan shafar yang bertujuan meminta kepada allah agar diselamatkan dari malapetaka pada hari itu dan hari-hari selanjutnya sampai setahun yang akan datang. shalat ini dilaksanaan setelah shalat isya dan sebelum shalat witir. Niat shalatnya adalah shalat sunnah mutlak, atau bisa dengan niat khusus berikut ini:

أُصَلِّى سُنَّةً لِيَوْمِ اْلأَ خِرِ مِنْ شَهْرِ الصَّفَرِ لِدَفْعِ اْلبَلاَء ِرَكْعَتَيْنِ لِهَُِم تَعَالَى أَللهُ أَكْبَرْ

Artinya: Aku niat shalat sunnah hari terakhir bulan Shafar sebanyak dua rakaat agar dijauhkan dari malapetaka karena Allah Ta’ala.

Setelah selesai membaca al-Fatihah pada tiap-tiap rakaat membaca surat al-Kautsar 17 kali, surat al-Ikhlas 5 kali dan surat al-Mu’awwidzatain 1 kali. Setelah salam membaca bacaan berikut ini masing-masing sebanyak 70 kali:

سُبْحَانَ اللهِ وَاْلحَمْدُ لِهَِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باِللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ…

إِياَّكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ…

Lalu membaca doa shalat sunnah Rebo Wekasan sebagai berikut:
أَللَّهُمَّ يَا شَدِيْدَ اْلقَوِىِّ وَيَاشَدِيْدَ اْلمِحَالِ يَا عَزِيْزُ ذَلَّلْتَ بِعِزَّتِكَ جَمِيْعَ خَلْقِكَ إِكْفِنِىْ مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ يَامُحْسِنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ يَا مَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ أَللَّهُمَّ بَسِّرْ اْلحَسَنَ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِيْهِ إِكْفِنِىْ شَرَّ هَذَا اْليَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِيَ الْمُهِمَّاتِ يَا دَافِعَ اْلبَلِيَاتِ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ اْلوَكِيْلُ وَلاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلَّابِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ   اَللَّهُمَّ إِعْصِمْنَا مِنْ جَهْدِ اْلبَلاَءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ اْلقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ اْلأَعْدَاءِ وَمَوْتِ اْلفُجْأَةِ وَمِنْ شَرِّ السَّامِ وَالْبَرْسَامِ وَالْحُمَى وَاْلبَرَصِ وَاْلجُذَامِ وَاْلأَسْقَامِ وَمِنْ جَمِيْعِ اْلأَمْرَاضِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى َسِّيدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ .

Tata cara shalat rebo wekasan menurut fersi lain dengan bacaan niat berikut :

أُصَلِّى سُنَّةً مطلقة ركعتين مأموما / إماما لله تعالى الله أكبر

Artinya: Aku niat shalat sunah Mutlak dua rakaat menjadi makmum/imam karena Allah Ta’ala.

Rakaat pertama setelah al-Fatihah membaca surat al-Falaq 10 kali. Pada rakaat kedua setelah al-Fatihah membaca surat an-Nas 10 kali. Setelah salam membaca:
أستغفر الله العظيم x 10

اللهم صل على سيدنا محمد

2. Pembuatan Rajah
Cara membuat Rajah Rebo Wekasan
Rajah diatas ditulis pada kertas polos pada bulan shofar tepatnya pada hari rebo yang terakhir di bulan shofar , kemudian setelah ditulis dibacakan dengan asma:

1.SALAMAUN QOULAM MIN ROBBIR ROHIM ..100 X  
2.SALAMUN ALA NUHIN FIL ALAMIN ..100 X
3.SALAMUN ALA IBROHIM ..100 X
4.SALAMUN ALA MUSA WA HARUN .. 100 X
5.SALAMUN ALA IL YASIN  ..100 X
6 .SALAMUN ALAIKUM TIBTUM PADKHULUHA KHOLIDIN ..100 X
7 .SALAMUN HIYA MATLAIL FAJR ..100 X



Menurut sebagian ulama: “Bala atau malapetaka yang ditakdirkan oleh Allah Swt. akan terjadi selama satu tahun itu semuanya diturunkan dari Lauhul Mahfudz ke langit dunia pada malam Rabu terakhir bulan Shafar. Maka barangsiapa yang bersedia menulis 7 ayat di bawah ini kemudian dilebur dengan air lalu diminum, maka orang tersebut akan dijauhkan dari  malapetaka. Ayatnya adalah sebagai berikut :

سَلَامٌ قَوْلًا مِنْ رَبٍّ رَحِيمٍ، سَلَامٌ عَلَى نُوحٍ فِي الْعَالَمِينَ , سَلَامٌ عَلَى إِبْرَاهِيمَ،  سَلَامٌ عَلَى مُوسَى وَهَارُونَ، سَلَامٌ عَلَى إِلْ يَاسِينَ ، سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ،  سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Demikian yang dapat admin sajikan semoga bermanpaat dan mohon maaf apa bila ada kesalahan baik penulisan atau apapun.terimakasih semoga kita selalu dijauhkan dari bala amiin ya robbal alamin.
#Baca Juga : Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dan Hikmahnya.


Featured Post

Doa Mustajab Agar Anak Soleh dan Sholehah Lengkap Dari Orang Tua

Doa Agar Anak Soleh dan Sholehah Lengkap - Doa adalah ucapan yang sangat bermakna,terlebih ucapan orang tua yang keluar dari mulut dalam pe...