-- --> Keutamaan Bacaan Doa Niat Puasa Asyura,Tasu’a Lengkap -->

Keutamaan Bacaan Doa Niat Puasa Asyura,Tasu’a Lengkap

Keutamaan Puasa Asyura Tasu’a Dan Lafadz Niatnya  - Bulan muharam adalah  sebagai tahun baru umat islam dimana apabila kita membaca sejarah ribuan tahun kebelakang, muharam adalah awal kebangkitan kemajuan agama islam sehingga bisa kita rasakan bagaimana nikmatnya hidup dengan menganut agana islam.dalam tahun islam banyak bulan yang  bersejarah sehingga dimana pada bulan ini di tahun hijriyyah muharam 1439 bertepatan dengan tahun 2017 untuk melengkapi kegembiraan kita lakukan hal hal yang di anjurkan oleh agama kita tentunya dengan melaksanakan apa yang diperintah dan menjauhi apa yang dilarang seperti kita mengetahui pengertian puasa asyura,keutamaan puasa asyura,manfaat puasa asyura,dalil puasa asyura,niat puasa asyura,dan puasa tasu'a.

Pada bulan  muharram  tentunya ada  ibadah sunnah yang di anjurkan oleh nabi kita seperti puasa sunnah tasu'a dan asyura ya'ni puasa pada tanggal 9 dan 10. bulan muharram merupakan salah satu dari empat bulan haram yang telah allah muliakan. secara khusus allah melarang berbuat zalim (maksiat) pada bulan ini untuk menunjukkan kehormatannya. allah ta’ala berfirman,“Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. Al-Taubah: 36 )

Muharram adalah bulan yang istimewa, menyimpan banyak makna yang patut ditafakkuri dan ditadabburi. muharram tidak saja menandai awal tahun menurut penanggalan islam, namun di dalamnya juga tersimpan hari mulia “Asyura” yang mencatat sejarah penting dan senantiasa dikenang dan diperingati oleh umat islam. hari asyura dikenang sebagai hari dimana allah menyelamatkan nabi nuh a.s. dari bencana banjir dan menenggelamkan musuh-musuh-nya,juga dikenang sebagai hari Allah menyelamatkan Musa a.s. dari kejaran Fir’aun dan tentaranya.nabi Nuh dan Musa diriwayatkan melakukan puasa muhararam pada tanggal sepuluh (asyura )  sebagai ekpresi syukur kepada Allah atas kemenangan yang diberikan kepadanya.untuk bacaan Puasa Asyura  bisa sahabat baca di bawah ini. mumpung masih di beri kesempatan kita belajar dari sejarah yang lalu kita isi muaharam tahun ini dengan melaksanakan puasa sunnah tasu'a dan asyura semoga di beri kekuatan untuk melaksanakanya.


Pada masa awal islam, puasa asyura adalah wajib bagi setiap muslim hingga turun ayat yang mewajibkan puasa bulan ramadhan. di mata rasulullah s.a.w. hari asyura begitu istimewa, beliau senantiasa melaksanakan puasa pada hari ini dan memerintahkan umatnya berpuasa demi rasa solidaritasnya kepada saudara seperjuangannya nuh dan musa a.s., bahkan pada tahun terakhir kehidupan rasulullah beliau bersabda “insya allah tahun depan saya juga akan berpuasa” (ashab sunan) namun ajal telah menjemput beliau sebelum sempat menyempurnakan tahun itu.

Ada yang mengatakan puasa dilakukan pada tanggal 9 dan 10 muharram karena keduanya pernah dilakukan rasulullah dan sahabatnya. namun ada yang mengatakan bahwa asyura hanya tanggal 10 muharram. puasa yang kita lakukan, tentunya mempunyai kandungan makna yang cukup mendalam dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat, karena menanamkan kepada kita nilai-nilai pengorbanan, perjuangan, solidaritas antar umat beragama, tenggang rasa dan yang terpenting semangat anti kekerasan dan anti anarkisme dalam setiap langkah upaya dan perjuangan kita.

Bagi masyarakat indonesia banyak juga yang menjalankan beberapa tradisi beragam berkaitan dengan hari asyura. ini menandakan betapa mengakarnya hari asyura dalam tradisi dan budaya, makna dan peristiwa yang terjadi bersamaan dengan hari asyura ini, kita disunnahkan untuk melaksanakan ritual puasa.

Niat Puasa Tasu’a (9 Muharram)

نَوَيْتُ صَوْم تَاسُعَاء سُنَّة لله تَعَالى


NAWAITU SAUMA TASU’A SUNNATAL LILLAHITA’ALA

Artinya: Saya niat puasa hari tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala

Niat Puasa Asyura (10 Muharram)

نَوَيْتُ صَوْم عشرسُنَّة لله تَعَالى


NAWAITU SAUMA ASYURO SUNNATAL LILLAHITA’ALA

Artinya: Saya niat puasa hari asyura , sunnah karena Allah ta’ala

Semoga dengan membaca artikel yang kami sajikan ini ada manpaatnya dan bagi sahabat semua yang di rahmati allah sunguh sangat beruntung bagi yang bisa melaksanakan ibadah sunnah pusa muharram tahun ini  bagi yang belum semoga saja di tahun berikutnya diberi kekuatan untuk melaksanakannya amiin.

Selamat tahun baru islam 1441 H

Featured Post

Doa Mustajab Agar Anak Soleh dan Sholehah Lengkap Dari Orang Tua

Doa Agar Anak Soleh dan Sholehah Lengkap - Doa adalah ucapan yang sangat bermakna,terlebih ucapan orang tua yang keluar dari mulut dalam pe...