-- --> Bacaan Doa Amalan Malam Lailatul Qadar Dan Pengertiannya -->

Bacaan Doa Amalan Malam Lailatul Qadar Dan Pengertiannya

Bacaan Doa Amalan   Malam Lailatul Qadar - Bulan penuh hikmah,berkah dan ampunan,di dalam bulan Ramadhan ada kegiatan ibadah yang berbeda dengan bulan-bulan lain diantaranya ada sholat sunat tarawih, didalam ramadhan ada yang di katakan malam seribu bulan(malam lailatul qadar),pada kesempatan ini admin  ingin berbagi mengenai pengertian lailatul qadar,

Para ulama ada beberapa versi pendapat mengenai arti lailatul qadar ada yang mengatakan bahwa malam lailatul qadr adalah malam kemuliaan. Ada pula yang mengatakan bahwa lailatul qadar adalah malam yang penuh sesak karena ketika itu banyak malaikat turun ke dunia. Ada pula yang mengatakan bahwa malam tersebut adalah malam penetapan takdir.selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa lailatul qadar dinamakan demikian karena pada malam tersebut turun kitab yang mulia, turun rahmat dan turun malaikat yang mulia. Semua makna lailatul qadar yang sudah disebutkan ini adalah benar.


yang perlu kita perhatikan  pada dasarnya setiap waktu itu sangat mulia apabila kita isi dengan hal hal yang baik yang bisa mendapatkan pahala dari allah swt,untuk doa amalan malam lailatul qadar itu sangat perlu kita kerjakan atau laksanakan  dan walau  menurut keterangan  waktunya di rahasiahkan yang terpenting kita isi malam malam di bulan ramadhan dengan khusu beribadah kepada allah swt.
http://www.tvzipo.com/search/label/Religi
Keutamaan Lailatul Qadar
Pertama
Lailatul qadar adalah malam yang penuh keberkahan (bertambahnya kebaikan). Allah Ta’ala berfirman:
                        ِإِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ , فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ
Artinya : Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Qur’an) pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah. (QS. Ad Dukhan: 3-4). 

Malam yang diberkahi dalam ayat ini adalah malam lailatul qadar sebagaimana ditafsirkan pada surat Al Qadar. Allah Ta’ala  berfirman:    
                                           إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ
Artinya : Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.  (QS. Al Qadar: 1) 
Keberkahan dan kemuliaan yang dimaksud disebutkan dalam ayat selanjutnya,      
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ , تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ , سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْر
Artinya : Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadar: 3-5).
Kedua
Lailatul qadar lebih baik dari 1000 bulan. An Nakho’i mengatakan, “Amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan.” Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah shalat dan amalan pada lailatul qadar lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar.
Ketiga 
Menghidupkan malam lailatul qadar dengan shalat akan mendapatkan pengampunan dosa. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
    مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ 
Artinya : Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.
  
Do’a di Malam Qadar
Sangat dianjurkan untuk memperbanyak do’a pada lailatul qadar, lebih-lebih do’a yang dianjurkan oleh suri tauladan kita –Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam- sebagaimana terdapat dalam hadits dari Aisyah. Beliau radhiyallahu ‘anha berkata:
قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ 
قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى 
Artinya :  Katakan padaku wahai Rasulullah, apa pendapatmu, jika aku mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar. Apa yang aku katakan di dalamnya?” Beliau menjawab,”Katakanlah: ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).

Ciri Malam Qadar
Pertama, udara dan angin sekitar terasa tenang. Sebagaimana dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء
Artinya : Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan.,

Semoga dengan artikel yang kami   paparakan diatas mengenai amalan dan peristiwa malam lailatul qadar,dan ciri ciri juga keutamaan lailatul qadar seperti yang termaktub dalam surat al qodar semoga mendapatkan hikmah dan barokah  dari malam lailatul qadar  dan dapat ilmu yang bermanapaat. dan jangan lewatkan pula untuk selalu berdoa di setiap hari seperti yang kami kupas dalam Kumpulan Do'a-Do'a Dzikir Islam Mustajab Sehari hari  mudah-mudahan apa yang telah kami sajikan berguna, apabila ada kesalahan mohon maaf yang sebesar-besarnya. terimakasih. 
 

Featured Post

Doa Mustajab Agar Anak Soleh dan Sholehah Lengkap Dari Orang Tua

Doa Agar Anak Soleh dan Sholehah Lengkap - Doa adalah ucapan yang sangat bermakna,terlebih ucapan orang tua yang keluar dari mulut dalam pe...